Monday, June 2, 2014

Jika Aku Menjadi Pedagang Kecil.


Selalu ada hal unik yang dilakukan Komunitas Tangan Kedua, dan terkadang mengejutkan pengunjung Car Free Day (CFD) Semarang tiap weekend nya. Hal unik seperti apa? Ya, seperti acara-acara di Tv, yaitu “Jika Aku Menjadi Pedagang Kecil”.

Berjualan Kerupuk, sapu lidi, balon, mainan terjun payung, dan juga balon air. Pernah dilakukan, sebagai bentuk kepedulian dengan niat membantu pedagang kecil dan khususnya yang sudah berusia lanjut. Sebelum memulai aksi berjualan, pedagang aslinya kita berikan sarapan dan memintanya untuk beristrahat, lalu meminta izin agar kami yang melanjutkan menjual dagangannya.

Sepanjang jalan CFD yang begitu ramai pengunjung, menjadi target yang bagus untuk menawarkan dagangan, dari ujung ke ujung, tak pernah lelah untuk terus berjualan, demi membantu pedagang kecil, dan Alhamdulillah pengunjung begitu antusias dan juga mau peduli dengan membeli dagangan yang kami pasarkan, bahkan Anies Baswedan juga ikut berpartisipasi dengan join kegiatan Tangan Kedua. Uang hasil jualannya langsung diserahkan kepada pedagang tersebut dan ditambah dengan donasi dari para donatur yang ikut menitipkan sebagian rezekinya lewat Tangan Kedua.


Terakhir, satu pesan buat kita semua.. “Mereka (Pedagang Kecil di pinggir jalan), bukanlah pengemis yang mengharap untuk dikasihani, tapi carilah alasan untuk membeli dagangan mereka, karena itu sangat berarti.. ”

No comments:

Post a Comment