Tuesday, November 5, 2013

Aksi Tangan Kedua #berburukebaikan dan #spiritofsharing feat Komunitas @donorsmg

Selamat pagi dunia.. Ayo semangat berburu kebaikan di akhir pekan bersama anak komunitas Tangan Kedua (@tangankeduaID) di Car Free Day (CFD) Simpang Lima, Jl.Pahlawan Semarang, 3 November 2013.
Ada beberapa rencana kegiatan yang akan dilakukan di CFD kali ini, mulai dari Meeting persiapan bersama pasukan #berburukebaikan
image
Hasil dari meeting yang dilakukan, semua pasukan sepakat akan melanjutkan kegiatan #berburukebaikan pagi ini, dengan mengajak pengunjung untuk membuang sampah pada tempatnya dan memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh pengunjung CFD.

image
image

Semua sampah yang sudah dikumpulkan, akan langsung dibuang ke tempat sampah yang sudah disediakan oleh pemerintah semarang.
Selanjutnya pasukan #berburukebaikan langsung bergegas mencari penjual yang layak dibantu dalam memasrakan dagangannnya. Akhirnya, setelah mencari di sepanjang jalan CFD, pasukan #berburukebaikan bertemu dengan ibu Partimah yang berusia sekitar 70thn-an, dan merupakan penjual sapu lidi.

Sedikit cerita, Ibu Partimah adalah seorang ibu berusia 70thn dan memiliki 6 orang anak yang tinggal di panti asuhan.
Sapu lidi yang beliau jual, berasal dari tumpukan daun pohon kelapa yang ada di sekitar lingkungan kediamannya, kemudian beliau kumpulin dan di seset daunnya hingga menjadi sapu lidi yang bisa dijual untuk menambah keperluan sehari-hari. Akan tetapi daun pohon kelapa itu tak selamannya ada dan jarang yang mau beli.
Ibu Partimah, penjual sapu lidi sedang berbicara dengan pasukan #berburukebaikan
image
Sebagaian pasukan #berburukebaikan yang sedang beraksi dan berusaha untuk menjual sapu lidi
image
Pak Anies Baswedan yang kebetulan hadir di acara CFD semarang pagi itu, ikut membeli sapu lidi ibu Partimah yang dijual oleh pasukan #berburukebaikan
image
Kesempatan inipun, tidak dilewatkan begitu saja oleh pasukan #berburukebaikan , foto bareng bersama pak Anies Baswedan pun menjadi hal yang menarik dipagi itu.
image
Sapu lidi yang dijual oleh pasukan #berburukebaikan terjual habis, uangnya langsung diserahkan secara simbolis beserta tambahan donasi dari @tangankeduaID ke Ibu Partimah.

image
Selain kegiatan membersihkan lingkungan dari sampah dan membantu Ibu Partimah jualan sapu lidi, pasukan #berburukebaikan juga ikut membagikan nasi kotak ke orang-orang yang berhak
image
Alhamdulillah, semua acara di CFD minggu pertama bulan november ini berjalan sesuai rencana, antusias warga yang sedang menikmati serunya CFD bersama keluarga, menyambut dengan positif kehadiran pasukan #berburukebaikan di tengah aktivitas mereka. walaupun ada beberapa kendala dan kekurangan yang perlu dievaluasi kedepannya.
Hari mulai panas, waktupun terus berjalan, dan saat jam tangan menunjuk ke arah pukul 10 lebih beberapa menit, Pasukan #berburukebaikan langsung menuju ke panti asuhan disabilitas ganda bhakti asih-bongsari.
image
Kegiatan dipanti asuhan dengan tema “spirit of sharing” feat @donorsmg dan komunitas “Smile For Children”, juga di ikuti pula dengan beberapa komunitas lainnya, seperti @ksrundip @kaligaweonline @SFC_Semarang @compass507 @kaskuserRegSem
Acara pun dimulai, dengan diawali perkenalan masing-masing komunitas yang hadir, secara berurutan.
image
Setelah perkenalan selesai, dilanjutkan dengan acara pensi dan perayaan ulangtahun bersama adek-adek panti yang kebetulan berulangtahun hari ini.
image
Perayaan ulang tahun berlangsung dengan sangat seru, adek-adek yang ulang tahun pun terlihat senang, dengan meniup lilin dan ikut menyanyi bersama para Volunter yang hadir.
image
image
Selanjutnya, para Volunter mengajak anak-anak untuk ikut lomba mewarnai dengan di dampingi beberapa orang volunter untuk satu anaknnya. Kertas dan pensil warnapun dibagikan satu persatu untuk setiap anak, dengan kertas yang sudah ada sketsa gambar kereta api.
image
image
Hasil dari lomba mewarnai yang dilakukan anak-anak di dampingi oleh para volunter, penuh dengan warna dan indah pastinya, diantaranya.
image
image
Semua hasil dari lomba mewarnai, dikumpulkan ke panitia dan diundi mana yang masuk lima terbaik akan dapat kue lucu dari panitia. Setelah diumumkan, yang berhasil masuk lima besar adalah…
Hayo.. tebaik siapa yang menang.. 1.. 2.. 3..
Ya.. pemenangnya adalah (Ari, Ratu, Kevin, Maulana dan Adit).
Mereka berlima pun berhak memilih kue yang sudah disediakan panitia.
Serangkaian acara ditutup dengan penyerahan donasi secara simbolis dan dilanjutkan dengan makan siang bersama seluruh volunter yang hadir dan juga bersama anak panti, yang kebetulan waktunya bertepatan dengan makan siang anak-anak.
Beberapa volunter ikut menyuapi makanan untuk anak-anak
image
image
Penyerahan Donasi, secara simbolis dari @tangankeduaID ke @donorsmg untuk dikumpulkan dengan semua donasi dari semua volunter yang hadir, sebelum di serahkan ke pihak panti
image
Terakhir, sesi foto bareng didepan panti, sebelum pulang ke rumah masing-masing.
image
Demikian, rangkain kegiatan tangan kedua hari ini. Mulai dari acara di CFD simpang lima sampai acara “spirit of sharing" di panti asuhan disabilitas ganda bhakti asih.
Alhamduillah semua acara berjalan lancar dan penuh kenangan manis yang akan selalu dikenang dan akan kami (volunter) ceritakan ke anak cucu suatu hari nanti.
Next.. Sampai ketemu di kegiatan selanjutnya.. pantau terus Facebook Komunitas Tangan Kedua dan @tangankeduaID
Thanks :)

No comments:

Post a Comment