Monday, December 30, 2013

REAKSI (Rekreasi Sambil Beraksi) with Panti Asuhan Fachrudin, @Candi_gedongsongo

Morning everybody.. are u ready for today..!! Yes, I'm ready..!!

Reaksi..!! Ayeee.. Ayeee.. Yess..
Reaksi..!! Ayeee.. Ayeee.. Yess..

Suara lantang meneriakan jargon reaksi dari para volunter, panitia, dan adek-adek panti asuhan fachrudin, mengawali kegiatan pagi hari ini, rabu 25 Desember 2013, di Candi gedong songo, semarang.
Rasa ngantuk dan dingin pun seketika berganti dengan semangat untuk mengikuti serangkain acara Reaksi hari ini.
Sekilas tentang acara Reaksi,
Reaksi (Rekreasi Sambil Beraksi), merupakan sebuah event yang diselenggarakan oleh komunitas Tangan Kedua, dengan tujuan untuk berbagi kebahagian dan berburu kebaikan bersama anak-anak panti asuhan.
Acara dimulai pada pukul 06.30 WIB, semua panitia dan para volunter sudah berkumpul di Gedung Serba Guna (GSG) Undip, untuk persiapan dan mengingatkan kembali tentang jobdesc volunter saat acara nanti.
image
Semua perlengkapan pun siap dan saatnya berangkat menuju panti asuhan Fachrudin di Banyumanik, dengan menaiki dua truk TNI dan satu elf, untuk jemput adek-adek, dan langsung menuju candi Gedong Songo.

Selama perjalan, adek-adek tidak hanya duduk diam di atas kendaraan saja, tapi ada sejumlah permainan menarik yang mampu menghadirkan tawa dan juga senyum bagi adek-adek, hadiahnya pun sangat unik.

Hore.. Akhirnya nyampe juga, di Candi Gedong Songo.. semua siap untuk seru-seruan hari ini? *sahut panitia*
Siap kaka..!! *adek-adekpun membalas sahutan panitia dengan penuh semangat pastinya*

Rintik hujan tak mampu menghalangi semangat adek-adek dan juga volunter untuk tetap mengikuti acara. Semuanya pun dibekali jas hujan dan sebotok air mineral, lalu berbaris rapi di lapangan, dan sekaligus membagi menjadi 5 kelompok. dimana setiap kelompoknya di isi, sekitar 8-10 adek-adek dan beberapa volunter sebagai pemandu dan pembimbing adek-adek.
image
(Adek-adek tengah berbaris dilapangan, bersama para volunter dan juga panitia)

image
(Kumpul masing-masing kelompok, untuk mempersiapkan perlengkapan dan juga menyiapkan yel-yel dadakan dari masing-masing kelompok)

Setelah semua siap, perjalanan wisata Reaksi candi gedong songo, dimulai, dan Candi I menjadi tempat persinggahan pertama bagi adek-adek dan juga volunter.
image
(Adek-adek dan volunter, tengah memperhatikan dengan seksama, penjelasan dari pemandu, mengenai sejarah dari candi gedong songo dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan selama berada di area candi)


Di candi I sendiri tidak ada games atau pembagian doorprize, hanya di isi dengan materi pengenal dari pihak pengelola Candi Gedong Songo.
Selanjutnya adek-adek dan volunter, beranjak menuju Candi II. Sembari menuju candi selanjutnya, adek-adek dan volunter ikut memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh para wisatawan.
image
(Memungut sampah yang dibuang sembarangan oleh wisatawan)

Sesampainya di Candi II, adek-adek dan para volunter kembali di suguhkan materi oleh pemandu. Adek-adek terlihat sangat antusia mendengarkan, bahkan ada juga yang tidak sungkan bertanya kepada pemandu.

Next, melanjutkan perjalanan untuk menuju candi III, Adek-adek dan para volunter masih terlihat begitu semangat, setelah perjalan yang lumayan menanjak dan melelahkan. 100 Jempol buat semangatnya..:)
image
(Perjalanan menaklukan candi gedong songo, dengan Semangat yang mempesona)

Akhirnya sampai juga di Candi III, adek-adek dan para volunter langsung menyiapkan kelompok masing-masing untuk mengikuti sejumlah games yang menarik. 

Games I.
Memindahkan karet & Stick Train
Awalnya peserta diminta untuk memindahkan karet dari teman yang satu ke teman yang lain dalam satu kelompok, dengan menggunakan sedotan. Kemudian, dilanjutkan mengambil tongkat yang diatasnya ada balon.

Peraturan memindahkan karet: Tidak boleh menggunakan tangan saat memindahakan, hanya menggunakan mulut dengan menggigit sedotannya. 
image
Setelah sampai di garish Finish, peserta yang terlebih dahulu nyampe akan langsung menaiki kereta tongkat untuk mengelilingi candi III.

Peraturannya: Setiap kelompok diminta untuk menaiki kereta balon yang terbuat dari tongkat kayu panjang dan di ikat sebuah balon di depan tongkat. Pemenangnya adalah siapa yang cepat sampai finish.
image

Games II
Kaki Seribu 

Peraturannya : Setiap kelompok, harus saling terhubung dengan menempatkan kakinya pada teman yang berada di depan dan tangan di samping, kemudian secara bersamaan harus gerak menuju kedepan sampai garis finish, tapi tidak boleh terputus. Kelompok yang paling cepat, dialah pemenangnya.
image
Games III
Meniup Balon dengan sedotan

Peraturannya : Setiap kelompok harus meniup balon dengan sedotan, hingga balon itu menjadi besar, dan yang menang adalah yang balonnya paling besar.
image
Alhamdulillah, serangkain games yang disediakan panitia, berjalan lancar dan adek-adek pun terlihat begitu senang dan antusias mengikuti sejumlah permainan yang dilaksanakan di candi III, dan special thanks buat volunter yang setia mendampingi dan juga memberi dukungan bagi adek-adek. 
Setelah seru-seruan di Candi III, Adek-adek dan volunter beristrahat sejenak, sekedar  untuk minum dan menikmati pemandangan yang indah serta foto sesion, sebelum melanjutkan perjalanan menuju candi IV. 
image
(Foto sesion di Candi III, setelah mengikuti games yang sangat menarik)

Selanjutnya, adek-adek dan volunter melanjutkan perjalanan menuju candi IV, tapi sebelumnya akan melewati tempat pemandian air panas, toilet umum, tempat ibadah dan juga tempat untuk istrahat yang disediakan bagi para wisatawan yang berkunjung ke candi gedong songo, sekaligus berwudhu bagi yang muslim, karena di candi IV, nanti akan dilaksanakan Ishoma dan beberapa kegiatan menarik lainnya.
(Menunaikan ibadah sholat dzuhur, dihamparan alam yang begitu menyejukan dan pastinya sangat indah.. Alhamdulillah..)

Setelah selesai sholat dan juga makan siang, adek-adek dan para volunter, kembali mengikuti acara selanjutnya yang sudah disiapkan panitia dan sekaligus pembagian hadiah bagi Kelompok terbaik, dan kelompok yang paling heboh.
Semua volunter dan juga adek-adek membuat lingkaran besar, kemudian mengikuti instruksi dari pemandu untuk meneriakan yel-yel disertai dengan tarian yang unik.
Semangat adek-adek dan volunter, sampai sejauh ini masih sangat luar biasa, sungguh sebuah penghargaan yang tak ternilai bagi kerja keras panitia. Terimakasih.. *satu kata yang selalu kami (panitia) ucapakan dalam diam yang tersembunyi dibalik senyum dan tawa*

Disela persiapan yel-yel tiap kelompok dan pembagian hadiah, panitia pun secara spontan mengadakan lomba joget cesarr.. dan inilah aksi mereka yang mengundang tawa..
And.. siapakah pemenangnya? dia adalah.. (yang dilingkari)
Asyik, pemenang joget cesar kali ini adalah salah satu dari adek panti asuhan Fachrudin Banyumanik. Dia mampu menirukan dengan baik dan penuh semangat seperti joget-joget di tv itu tuh.. Haha :D
Selamat yah dek.. :)

Selanjutnya, setiap kelompok diwajibkan untuk menampilkan yel-yel nya masing-masing.. untuk menentukan siapa kelompok yang terbaik dan terheboh hari ini. Dan inilah penampilan dari masing-masing kelompok..
Aksi mereka benar-benar cetar membahana.. Gaya tiap kelompok pun sangat unik dan penuh semangat dalam menampilkan aksi terbaik yang sudah disiapkan semenjak tadi pagi.
Dan, Setelah menimbang dan menyelami (sumur kali.. haha).. akhirnya panitia pun memutuskan pemenangnya, dengan skor yang sangat beda tipis.. Ini dia pemenangnya..
Untuk Kelompok terheboh, dimenangkan Candi III.
Sedangkan, Untuk kelompok Terbaik, dimenangkan Candi IV.

Setelah pembagian hadiah untuk masing-masing kelompok yang menang, selanjutnya undian berhadiah untuk adek-adek dan juga volunter yang beruntung.
Pembagian hadiah ini sendiri, diambil secara acak dari no kupon yang di kumpulkan, kemudian nanti akan di cocokan dengan no undian yang tertera di masing-masing bendera adek-adek dan juga volunter.
(Wajah-wajah para pemenang undian berhadiah)

Dengan selesainya pembagian hadiah, maka berakhir juga serangkaian acara REAKSI hari ini bersama adek-adek panti asuhan Fachrudin.
Sekali lagi, kami ucapkan Terimakasih Yang sebesar-besarnya untuk adek-adek, volunter, @bpisemarang , @kaligaweonline , seputarsemarang.com, infotembalang.com, tentangsmg.com, dan semua donatur dan sponsor, beserta semua orang yang telah berjuang bersama komunitas @tangankeduaID , untuk mensukseskan acara ini. 
Alhamdulillah acara berjalan sesuai dengan yang direncanakan, walaupun ada beberapa kendala, namun itu tidak pernah menjadi pengahalang untuk terus #berbagisenyum #berbagikebahagiaan dan #berburukebaikan bersama adek-adek panti asuhan Fachrudin.

Dan inilah yang menjadi tujuan dan harapan kita semua, sekaligus menjadi penyemangat dan obat lelah bagi panitia dan volunter.. 
Senyum dan tawa mereka adalah segalanya.. :) 
See u next event..!!!

Penulis : @syarifuddin__M

No comments:

Post a Comment