Saturday, January 18, 2014

#Berseri (Bersih-Bersih Tempat Ibadah)

Pagi yang diselimutin hujan, tanggal 18 Januari di kota atlas bukan sebuah halangan untuk komunitas Tangan Kedua (TK) dalam menjalankan niat baik untuk bersih-bersih tempat ibadah (#Berseri).

Tempat ibadah yang menjadi target #berseri kali ini, adalah Masjid Diponegoro Undip Peleburan - Semarang.

Pasukan TK mulai berkumpul di masjid sekitar jam 8 pagi, dilanjutkan dengan briefing dan memeriksa lagi perlengkapan yang dibutuhkan untuk kegiatan #Berseri. Perlengakapan yang dipakai, diantarnya : sarung tangan plastik, sikat toilet, sapu, kain pel, kain lap, kemoceng, pewangi ruangan, sabun, celurit, pisau, ember, kuas, cat, dll.

Setelah semua perlengkapan siap dan pembagian tugas sudah jelas, dimana sebagian akan membersihkan toilet, tempat wudhu, ruangan masjid dan juga halaman masjid, #Berseri pun saatnya dimulai.
(Pasukan #Berseri, Sebelum memulai kegiatan)


Pasukan TK pun, langsung memulai bergegas melaksanakan tugas masing-masing.. Ada yang langsung membersihkan sawang-sawang yang sudah sekian lama tidak dibersihkan, ada juga yang membersihkan interior masjid seperti (rak buku/Al-Qur'an, tempat penyimpanan mukenah/sarung, dll.), menyedot debu yang menempel pada karpet, membersihkan kerak-kerak di lantai, juga mengepel seisi ruangan.

Selain membersihkan indoor masjid, pasukan TK juga membersihkan toilet dan tempat wudhu yang sudah berlumut dan terlihat kurang bersih.

Pasukan TK yang membersihkan bagian halaman masjid, tidak kalah semangatnya.. Mulai dari mencabut tanaman liar/rumput, memotong ranting-ranting pohon dan tumbuhan yang merambat di pagar masjid, hingga memungut sampah yang dibuang oleh orang-orang yang kurang peduli akan lingkungan, juga menyapu seluruh halaman.

Tidak kerasa, adzan dzuhur pun sudah berkumandang, pasukan TK juga harus berhenti sejenak dan ikut menjalankan ibadah sholat berjamaah, dan akan melanjutkan lagi setelah nanti makan siang. Namun sebelum itu, ruangan masjid harus diberi sedikit pewangi agar menambah kenyamanan saat sholat.

Waktu terus berjalan, jam dinding pun menunjuk kearah pukul 13.00 siang, namun matahari masih saja mengintip di balik awan dan tak berani menampakan wajahnya. 
Akan tetapi, itu tetap tidak akan mengurungkan niat pasukan TK, untuk melanjutkan #Berseri tahap kedua. Yaitu, membersihkan dan pengecatan ulang pot bunga yang sudah terlihat kusam.

Selain proses pengecatan pot secara keseluruhan, sebagian dari pasukan TK, tengah menjahit dan setrika mukenah yang dihari sebelumnya sudah dicuci oleh pasukan TK, dan juga beberapa sarung yang nantinya akan di sumbangkan untuk masjid diponegoro.

Alhamdulillah, pengecatan seluruh pot yang ada di masjid diponegoro sudah selesai, begitu juga dengan menjahit dan setrika mukenah. Maka berakhir juga kegiatan #Berseri hari ini.

Rasa capek bercampur keringat seakan terbalas, saat melihat orang berbondong-bondong memasuki masjid sembari tersenyum dan melaksanakan sholat dengan khusyuk, karena masjid yang terlihat bersih dan lebih harum dari biasanya.

Terakhir, Komunitas Tangan Kedua, menyerahkan secara simbolis pada pengurus masjid berupa donasi berupa perlengakapan ibadah, seperti mukenah, sarung, dan Al-Qur'an.
Sekian kegiatan hari ini, dan sampai ketemu lagi di #Berseri selanjutnya, kemungkinan besar, nanti Komunitas Tangan Kedua, akan #Berseri di Wihara. 

Tunggu kabar selanjutnya dan pantau terus timeline TK..
di twitter : @TangankeduaID 
FB : Komunitas Tangan Kedua.


No comments:

Post a Comment